Monday, June 26, 2017

Google Kenalkan Konsep Rumah Pintar Ala IRON MAN, Lewat Google Home




Ujang Review -"Jarvis please open the door"  Sebuah scene dari film Iron Man dimana pada saat itu Tony Stark  menyuruh jarvis  ( sebuah sistem komputer yang dibuat oleh tony stark ) untuk membuka kan pintu. Terkadang dari sebuah film tercetuslah sebuah inovasi, salah satu nya sistem  jarvis  ini, sekarang sudah ada yang namanya smartphone, smart TV, dan sekarang lagi gencar - gencar nya dengan istilah smart home atau bisa juga dengan rumah pintar, simple nya sistem rumah pintar ini yaitu mengotomatisasikan sebuah dari mulai menyalakan lampu, menyalakan elektronik, sampai - sampai memberikan sebuah notifikasi ketika ada kebocoran gas atau kebakaran serta notifikasi tentang aksi tindak kriminal atau pencurian.

Konsep rumah pintar atau smart home ini merupakan cabang dari IoT ( internet of things) yaitu sebuah konsep yang bertujuan untuk mengexplorer secara luas pemanfaatan jaringan internet yang tersambung secara konstan,seperti meremote control, berbagi data, dan hal lainnya. Konsep smart home ini bisa dibilang adalah konsep hunian masa depan yang konsep kembangan nya sudah ada, Meskipun untuk sekarang tidak sesempurna  jarvis  yang ada di film Iron Man.

Google salah satu perusahaan raksasa di dunia memperkenalkan konsep smart home lewat produk nya yang bernama Google Home, sudah tidak asing bagi saya Google menghadirkan inovasi - inovasi unik,  dari mulai Google Car, smartphone Google Pixel, Google Daydream, dan masih banyak yang lain nya.


Google Home ini merupakan home personal assistant device yang di ciptakan oleh Google, dimana fungsi nya yaitu untuk memaksimalkan atau memperkenalkan konsep smart home, tidak sampai disitu saja dibekali dengam AI ( artificial intelligence) Google home ini dapat membantu kalian dalam berbagai hal, tentu nya yang relevan yang dapat dilakukan oleh sebuah komputer.

Intip -  Intip Hal Unik Apa Yang Ada Di Google Home






Untuk sebuah device yang cenderung baru di Indonesua, tentunya yang jadi pertanyaan yaitu fungsionalitas, dan hal unik apa yang dapat dilakukan oleh device tersebut. Google Home basicnya adala device ya++g di adaptasi oleh sistem Google Assistant yaitu sistem personal assistant generasi terupdate  dari iqGoogle Now, bisa dibilang Google home yaitu Google Assistant yang didevice kan.

Google home memiliki fitur - fitur unik yang tentunya akan membantu aktifitas keseharian kalian, seperti mematikan lampu, notifikasi alarm,  kontrol lampu rumah, dan lain - lain, dan dari keseluruhan fitur tersebut bisa dilakukan menggunakan command  voice, selain itu yang menjadi kelebihan nya yaitu terkoneksi nya dengan fasilitas google seperti  Youtube, Google Voice, Google Play Music, Google Earth dan yang lain nya.

Ditambah dengan kecerdasan buatan yang di desain oleh Google, membuat si Google home ini bisa di fungsikan sebagai media edukasi bagi anak - anak yaitu dengan cara mengajak ngobrol si Google home tersebut, disanping fungsi tersebut google home tidak akan keberatan jika disuruh untuk membalas email, ataupun memberikan info jadwal bioskop film terbaru yang akan tayang di hari anda menanyakan pertanyaan tersebut.

Dari seluruh kecanggihan yang dimiliki Google home, pada kenyataan nya segment smarthome  yang sedang di mainkan Google tersebut tidak  sepenuhnya aman dari kompetitor karena beberapa kompetitor lain pun ada yang main di segment yang sama seperti Google,  contoh Amazon dengan Amazon Echo nya adalah saingan terberatnya di tambah lagi Siri, Samsung Smarthome, dan lain nya.

Namun hal mendasar dari Google home ini, adalah upaya Google untuk mengenalkan konsep smarthome kepada user yang nanti kedepannya konsep smarthome ini adalah konsep impian rumah di masa depan.

Untuk saat ini Google home memang belum rilis di indonesia jadi untuk sementara ini bagi para konsumen yang ada di indonesia mesti sabar menunggu akan kehadiran dari Google home ini,  jadi fitur apa yang kalian tunggu jika Google home rilis? tentu nya saya ingin tau apa dari jawaban kalian.