Sunday, November 26, 2017

Inilah Deretan Startup Indonesia yang Sudah Berstatus Unicorn, and Who The Next ?



Perkembangan startup di Indonesia tergolong sangat pesat hal tersebut terbukti dengan muncul nya startup - startup baru baik startup itu bergerak di bidang jasa, fintech, ataupun marketplace. Gencarnya investor startup di Indonesia dan banyaknya program inkubasi merupakan pemicu atas perkembangan startup - startup baru di negeri ini yang tentunya mereka bertujuan untuk starting from bootstraping and finishing with unicorn.

Berbicara soal istilah unicorn yang kini sedang hype banget di dunia startup Indonesia,  apa sih unicorn itu ?? Unicorn merupakan sebuah istilah atau status bagi suatu startup yang pencapaian valuasi nya sudah mencapai 1 Milyar USD ( sekitar 13,1 Triliun jika di rupiah kan ), beberapa contoh startup global yang sudah berstatus unicorn diantaranya yaitu UBER   salah satu perusahaan transportasi online di Amerika Serikat, kemudian ada Air BnB yang merupakan marketplace khusus untuk orang yang ingin menyewakan kamar prinadi, apartement ataupun rumah nya, selanjut nya ada Dropbox sebuah perusahaan cloud storage, dab masih banyak yang lain nya.

Lantas sudahkan Indonesia melahirkan perusahaan startup yang sudah berstatus unicorn?  seiring perkembangan startup - startup di indonesia sudah barang tentu kini  indonesia memiliki 4 startup yang berstatus unicorn   berikut perusahaan startup yang di maksud.



  1. GO-JEK
    startup unicorn indonesia

    Bisa dibilang GO-JEK merupakan startup pertama di indonesia yang berstatus unicorn, perusahaan transportasi online yang dipimpin oleh Nadiem Makariem ini adalah buah manis dari hasil perjudian dalam berbisnis, dari sekian banyak saingan serupa seperti GRAB, kemudian UBER yang memang sudah masuk ke indonesia tidak  membuat perusahaan ini sepi dari investor, faktanya mereka mendapati investasi dengan jumlah yang tergolong besar di angka  USD 550juta atau jika di rupiahkan besaran nya yaitu 7,2 triliun dari konsorium investasi global yang terdiri dari Farallon Capital, Capital Grup Private Market, KKR, serta Warburg Pincus. Dengan keseluruhan pendapatan dan dana dari investasi tersebut akhirnya pada pertengahan 2016 atau tepat nya di Agustus 2016, GO-JEK sudah berstatus  unicorn.

    Beberapa rencana besar dari GO-JEK diantaranya yaitu ingin mengekspansi langkah bisnis nya ke beberapa negara di asia tenggara selain indonesia seperti Filipina, Thailand, dan Vietnam, tentunya jika hal ini bisa direalisasikan akan meningkatkan persaingan dengan rival bisnis nya yaitu UBER.

  2. Traveloka

    Startup Unicorn indonesia

    Siapa yang tak kenal Traveloka? sebuah perusahaan startup yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online dengan fokus perjalanan domestik di indonesia. Awal mula di tahun 2012 Traveloka dulunya yaitu merupakan sebuah mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat, namun pada kisaran 2013 dan 2014 traveloka bertransformasi menjadi perusahaan reservasi tiket pesawat dan kamar hotel.

    Di akhir july 2017 secara resmi Traveloka mengumumkan telah mendapatkan pendanaan dari Expedia yang merupakan sebuah perusahaan perjalanan online kenamaan dunia dengan jumlah investasi sebesar kurang lebih USD 500juta ( kisaran 6,6 triliun rupiah ) dan bukan hanya itu pendanaan lain pun traveloka dapat di tahun ini dari berbagai pihak di antaranya dari East Ventures, Hillhouse Capital Group, JD.com, dan Sequoia Capital dalam setahun terakhir ini, sudah jelas dengan keseluruhan dana dari investor tersebut traveloka menyusul GO-JEK menjadi unicorn.

  3.  Tokopedia

    Biggest marketplace in indonesia

    Bisa disebut startup terfenomenal di indonesia, sebab viralnya berita  di media online mengenai Tokopedia yang mendapatkan pendanaan dari Alibaba group dengan jumlah investasi sebesar USD 1,1Milyar ( kisaran 14,7 triliun ). Kita tahu bahwa Alibaba merupakan sebuah perusahaan B2B dan e-commerce gedean, ketertarikan Alibaba kucurkan dana ke Tokopedia di tegaskan dengan pernyataan Daniel Zhang, CEO Alibaba Group yang bisa di bilang bahwa Tokopedia dan Alibaba Group memiliki kesamaan visi dalam membantu kesuksesan  usaha UMKM.

    Babak baru pendanaan dari Alibaba group ini bisa dibilang merupakan salah satu faktor yang menjadikan Tokopedia yang merupakan perusahaan marketplace terbesar di indonesia ini mengukuhkan status unicorn nya.
  4.  BukaLapak
    startup unicorn baru di indonesia

    Dilansir dari Laman Tech In Asia Indonesia CEO Bukalapak Ahmad Zaky secara resmi  menyatakan bahwa Bukalapak telah mencapai tahap unicorn dengan statement  bahwa bisnisnya telah mencapai valuasi lebih dari USD 1 Milyar ( kisaran 13,5 triliun rupiah ), namun Ahmad Zaky enggan menyebutkan siapa - siapa saja yang telah menggelontorkan dana ke Bukalapak.

    Kesuksesan Bukalapak saat ini tidak lepas dari perkembangan inovasi yang dikembangkan seperti saat ini adanya Bukareksa dan BukaEmas. Dengan status baru nya yang telah mencapai unicorn ini tentu Bukalapak turut menyusul startup lain seperti Tokopedia, Traveloka, dan   GO-JEK.



Seiring perkembangan nya industri kreatif, dan  bisnis teknologi di 2020 Indonesia targetkan 44 Startup lokal sudah berstatus unicorn, yang jadi pertanyaan nya who the next ? beberapa nama startup yang mungkin bisa menjadi next unicorn Indonesia diantara nya ada Picmix yang bisa dibilang Instagram versi lokal, kemudian ada Telunjuk.com yang merupakan mesin pencari rekomendasi belanja dan perbandingan harga, atau bahkan startup yang akan kalian bentuk.