Sunday, November 19, 2017

Mozilla Update Firefox Quantum yang katanya Kenceng, Akan kah Pengguna Chrome Migrasi Ke Mozilla ?



Baru - baru ini Mozilla kembali hadirkan update terbaru untuk produk browser nya yang mereka beri nama Mozilla Firefox Quantum dengan nomor versi 57.0, Ada yang unik dari Firefox Quantum ini terutama jika kalian dowload langsung updatetan nya di laman resmi Mozilla, disana Mozilla dengan sadar mengklaim bahwa Firefox Quantum ini memiliki kelebihan seperti 2X lebih cepat, 30%  lebih sedikit makan memory dibanding Chrome, dan Perlindungan pelacakan untuk penjelajahan pribadi.

Di  Firefox Quantum ini selain menawarkan speed kenceng nan enteng userpun akan di tawarkan berbagai macam fitur menarik View Pocket List, Screenshot, dan masih banyak fitur kekinian lain nya yang bisa kalian coba, Namun yang jadi pertanyaan yaitu seberapa kenceng kah si FireFox Quantum ini ? berikut data detailnya hasil uji speed nya.

Dimana pengujian menggunakan system requirment Windows 7 64bit, spesifikasi komputer yang standar seperti RAM 4GB dan kecepatan internet di angka 10Mbps, Firefox Quantum mendapatkan result yang lumayan kenceng dan tentunya sedikit dibawah Google Chrome  versi 62.0 


Mozilla sepertinya seakan -akan melebih - lebihkan mengenai Firefox Quantum 2X lebih cepat dibanding chrome, ya karena pada hasil result diatas meskipun Firefox Quantum memang lebih cepat dari Chrome namun angka yang dihasilkan pada perbandingan result diatas Firefox Quantum tidak mengungguli 2x lipat nya dari Google Chrome.

Dari segi interface Firefox Quantum ini bisa dibilang sangat prepare karena tampilan nya agak berbeda dibanding versi sebelumnya mulai dari menu navigasi nya yang tidak serame dulu,  dan di tambah dengan beberapa fitur tambahan yang keseluruhan nya di satukan dalam bentuk interface yang bisa dibilang lebih simple dibanding versi yang dulu.

Dan yang terakhir apakah Mozilla dengan Firefox Quantum nya mengambil hati pengguna Google Chrome ?  tentunya jawaban tersebut adalah relatif tergantung pengguna dan peruntukan nya, untuk sekedar surfing menjelajah dunia maya atau tingkat lanjutan seperti developer. Dan untuk saat ini Developer Chrome masih dibilang lebih unggul dari Firefox, Jadi untuk migrasi bisa jadi kemungkinan ada cuman untuk jumlah user yang signifikan sepertinya itu tidak mungkin.